Ketika Ganjar dan Menpan RB Jadi Saksi pada Nikah Gratis di MPP Sragen

MERAHPUTIH I SRAGEN – “Sah. Alhamdulillah.” Kalimat itu secara kompak dilontarkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, saat menjadi saksi pernikahan Lilik Winoto (59) dan Triyani (56), Senin (20/2/2023).
 
Ya, siang itu Ganjar dan Azwar didapuk menjadi saksi pada pernikahan perdana yang digelar di Balai Nikah, Mal Pelayanan Publik Askara Bumi Sukowati Kabupaten Sragen. Adalah Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang memintanya. Kebetulan, saat peresmian MPP, ada pasangan yang hendak menikah di balai nikah, yang dapat dimanfaatkan masyarakat umum.
 
“Ini bisa dipakai masyarakat. Kebetulan hari ini ada yang mau menikah juga, semoga Pak Menteri dan Pak Gubernur berkenan menjadi saksinya,” tutur Yuni saat memberikan sambutan.
 
Yuni menuturkan, balai nikah yang berada satu gedung dengan MPP Askara Bumi Sukowati, dapat digunakan masyarakat secara gratis.
 
Menaggapi permintaan itu, seusai meninjau sejumlah stan pelayanan, Ganjar dan Azwar didampingi Yuni menuju lantai dua gedung, dan langsung masuk ke ruangan yang tertulis ‘Balai Nikah’.
 
“Oh ini pengantinnya, sudah siap belum? Ayo langsung dimulai,” kata Ganjar, menyapa sekaligus meminta penghulu nikah untuk segera memulai prosesi.
 
Azwar juga tampak berinteraksi dengan kedua mempelai. Diketahui pasangan duda dan janda tersebut menjalani pernikahan kedua.
 
Prosesi akad nikah pun berlangsung. Ganjar menjadi saksi nikah dari mempelai putri. Sementara Azwar sebagai saksi nikah mempelai putra. Prosesi ijab qabul berlangsung singkat tanpa mengulang.
 
“Sah. Alhamdulillah,” kata Ganjar dan Azwar kompak.
 
Undangan dari keluarga, termasuk pejabat Kemenpan-RB hingga Forkopimda Sragen dan OPD yang hadir pun turut berucap syukur atas terlaksananya pernikahan Lilik dan Triyani. (red)

harianmerahputih.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top