Gubernur Jatim Panen Mangga Alpukat Kualitas Ekspor

MERAH PUTIH I PASURUAN - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkesempatan melakukan panen buah mangga berkualitas Ekspor di Kebun Mangga milik Habib Abu Bakar Assegaf di Desa wonokerto Kec. Rembang, Kab. Pasuruan, Sabtu (31/10).

Menariknya, pohon mangga berjenis Mangga Alpukat yang ditanam di sekitaran seluas 5 hektar ini, mampu berbuah lebat dan hasil panennya dikirim ke luar daerah di Jawa Timur. Petani di desa ini sebagian besar menanam mangga gadung varietas klonal 21, atau yang umum disebut mangga alpukat.

Setibanya di kebun Mangga Alpukat, Gubernur Perempuan pertama di Jatim itu langsung melihat beberapa jenis pohon yang menghasilkan Buah Mangga yang lebat. Setelah melihat beberapa jenis pohon, Khofifah sapaan akrabnya itu, langsung mengambil pisau dan mengiris Buah Mangga dengan memotong bagian tengahnya mirip menikmati buah Alpukat.

Dalam kesempatan ini Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa Buah Mangga jenis ini merupakan produk unggulan Jawa Timur. Oleh sebab itu, Gubernur Khofifah berharap produk unggulan ini dapat membuka peluang pasar baik lokal, nasional maupun eksport bagi Jawa Timur.

"Ini tren mangga Jawa Timur, terutama yang dari Pasuruan dan ini akan menjadi bagian dari salah satu produk unggulan kita," Kata Gubernur .

"Ini sudah harus disiapkan format berikutnya untuk memudahkan eksport mangga karena pasar mangga sekarang ini sudah bisa dilakukan oleh Malaysia dan Thailand," tegasnya.

Gubernur Khofifah menjelaskan salah satu keunggulan mangga ini adalah memiliki tekstur seperti buah alpukat. Sehingga untuk menikmatinya, lanjut Gubernur Khofifah, ada cara yang berbeda dari mangga-mangga lainnya.

Setelah melakukan kunjungan petik Mangga Alpukat, Gubernur Khofifah ditengah perjalanan berkesempatan memborong produk produk Mangga milik warga sekitar kebun. Tak tanggung tanggung, Mantan Menteri Sosial itu, memborong 10-20 kg per lapak milik warga sekitaran kebun. (red)

harianmerahputih.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top