Persib Bandung Juara BRI Liga 1 2023/2024

MERAHPUTIH I BANGKALAN - Persib Bandung akhirnya memastikan diri tampil sebagai juara BRI Liga 1 2023/24. Bermain di leg kedua final Championship Series melawan Madura United FC di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jumat (31/5) malam, Persib menang meyakinkan 3-1 atas tuan rumah. Hasil ini membuat Persib unggul dengan agregat 6-1, setelah sebelumnya menang 3-0 di leg pertama final di Bandung.

Laga babak pertama berjalan ketat dan seru dengan kedua tim tampil agresif. Modal kemenangan 3-0 di laga final leg pertama membuat Persib tampil percaya diri, sementara Madura United berusaha keras mengejar ketertinggalan. Meskipun menciptakan beberapa peluang, upaya Madura United selalu digagalkan oleh ketatnya pertahanan Persib dan aksi cemerlang kiper Kevin Mendoza. Babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Di menit ke-60, Persib membuka celah di lini pertahanan Madura United melalui serangan balik yang diinisiasi oleh Ciro Alves. Tendangan keras Alves yang dihalau kiper Madura United, Lucas Henrique Frigeri, menghasilkan bola muntah yang langsung dimanfaatkan oleh David Da Silva. Gol ini menjadikan skor 1-0 untuk Persib dan merupakan gol ke-30 David Da Silva di BRI Liga 1 2023/24, mengokohkan posisinya sebagai top scorer.

Keunggulan agregat 4-0 membuat Persib semakin percaya diri, sementara Madura United terus berusaha mengejar ketertinggalan. Namun, ketatnya pertahanan Persib membuat upaya tuan rumah sia-sia. Mentalitas pemain Madura United tampak goyah dengan munculnya kesalahan mendasar seperti salah passing dan miskomunikasi di lapangan.

Menit ke-87, Persib kembali menambah keunggulan melalui Marc Klok yang mencetak gol setelah menerima assist dari Ciro Alves, merubah skor menjadi 2-0. Di penghujung laga, tepatnya di menit 90+2, Beckham Putra menambah penderitaan Madura United dengan gol ketiga Persib, kembali berkat assist dari Ciro Alves.

Madura United akhirnya mampu mencetak gol hiburan lewat eksekusi penalti Slamet Nurcahyo di menit 90+7 setelah bek Persib, Nick Kuipers, dinyatakan handsball. Skor akhir 3-1 untuk keunggulan Persib bertahan hingga laga yang dipimpin wasit Aidil Azmi usai.

Pelatih Persib, Bojan Hodak, mengapresiasi perjuangan anak asuhnya. "Pertandingan yang sulit. Madura United berusaha untuk mencetak gol di awal-awal laga, tapi pertahanan kami bekerja dengan sangat baik," kata Bojan kepada media setelah laga.

Di babak kedua, Persib mengambil alih penguasaan bola dan mencetak gol melalui David da Silva, Marc Klok, dan Beckham Putra. Bojan pun senang tim asuhannya bisa keluar dari tekanan dan mencetak gol.

"Di babak kedua, kami tampil mendominasi. Kami punya beberapa peluang bahkan bisa mencetak lebih banyak gol. Tapi yang terpenting adalah untuk menang," ungkap pelatih asal Kroasia itu. 

Kemenangan ini membawa Persib tampil sebagai juara BRI Liga 1 2023/24 dengan agregat 6-1 atas Madura United. Gelar juara ini menjadi pencapaian yang sudah dinantikan selama 10 tahun oleh Persib, yang terakhir kali mencatat sebagai juara Liga Indonesia pada tahun 2014 silam. (red)

harianmerahputih.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top