Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Zulhijjah 1445 H, Pantau Hilal di 114 Titik

MERAHPUTIH I JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat awal Zulhijjah 1445 H pada 7 Juni 2024. Sidang ini untuk menentukan awal bulan Zulhijjah, yang menandakan dimulainya ibadah haji dan Hari Raya Idul Adha.

Sebelum Sidang Isbat, Kemenag akan melakukan pemantauan hilal (rukyatulhilal) di 114 titik yang tersebar di seluruh Indonesia pada hari yang sama, 29 Zulkaidah 1445 H.

"Pelaksanaan pemantauan hilal dilakukan di 114 titik lokasi di seluruh Indonesia," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib, kepada wartawan, Senin (3/6/2024).

Menurut Adib, semua sistem hisab sepakat bahwa ijtimak menjelang Zulhijjah 1445 H jatuh pada 6 Juni 2024 M, bertepatan 29 Zulkaidah 1445 H sekitar pukul 19:37 WIB.

"Hasil pemantauan hilal akan dimusyawarahkan dalam Sidang Isbat awal Zulhijjah 1445 H," jelas Adib.

Sidang Isbat akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag, Thamrin, Jakarta. Sidang ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, seperti Duta Besar Negara-negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, hadir pula Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Tim Hisab Rukyat, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam serta Pondok Pesantren. (red)

harianmerahputih.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top