Pemerintah Provinsi Jawa Barat Targetkan 100 Juta Wisatawan Domestik dan 1 Juta Wisman Tahun Ini

MERAHPUTIH I BANDUNG - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat optimis mencapai target ambisius untuk kunjungan wisatawan pada tahun ini. Sekretaris Daerah Jawa Barat, Herman Suryatman, mengumumkan bahwa pihaknya menargetkan kunjungan 100 juta wisatawan domestik dan 1 juta wisatawan mancanegara ke Jawa Barat.

"Kita targetkan tahun ini bisa menembus 100 juta wisatawan domestik dan minimal 1 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Jabar," ujar Herman Suryatman di Kota Bandung pada Jumat (7/6/2024).

Menurut Herman, target tersebut meningkat signifikan dari tahun sebelumnya. Pada 2023, Jawa Barat mencatat 85 juta kunjungan wisatawan domestik dan 740.000 wisatawan mancanegara. Herman optimis target tahun ini dapat tercapai melalui kolaborasi Pentahelix, yang melibatkan berbagai pihak, termasuk pelaku jasa pariwisata.

"Saya yakin target itu bisa, asal kita bekerja, kolaborasi, sabilulungan," ucap Herman dengan penuh keyakinan.

Optimisme tersebut didukung oleh penguatan regulasi di sektor pariwisata, peningkatan fasilitas, dan kemudahan akses menuju destinasi wisata. "Pemprov Jabar akan memperkuat regulasi, meningkatkan fasilitas serta anggaran. Itu komitmen kami," ungkapnya.

Herman menekankan pentingnya sektor pariwisata sebagai pendorong utama laju pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Oleh karena itu, Pemda Provinsi Jabar memberikan perhatian besar terhadap pembangunan pariwisata.

"Laju pertumbuhan ekonomi terus kita naikkan dan salah satu sektor strategis untuk menggerakkan roda ekonomi di Jabar adalah pariwisata. Karena itu kami memberikan perhatian yang serius terhadap pembangunan pariwisata," tutur Herman.

Jawa Barat memiliki potensi pariwisata yang melimpah, tersebar di seluruh kabupaten dan kota, mulai dari pantai, laut, gunung hingga ekonomi kreatif. Keberagaman ini membuat kunjungan wisatawan terus meningkat setiap tahunnya.

"Industri pariwisata Jabar terus bergairah, terlihat dari kunjungan wisatawan yang selalu meningkat setiap tahunnya," tambah Herman.

Komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mendongkrak kunjungan wisatawan ini disambut baik oleh Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI). Ketua PUTRI Jabar, Taufik Hidayat, menyatakan kesiapan mendukung berbagai program pemerintah.

"Kami senang Pak Sekda punya komitmen tinggi dalam memajukan pariwisata Jabar dan kami siap mendukung program pemerintah," sebut Taufik.

Dengan strategi yang terarah dan kolaborasi yang kuat, Jawa Barat optimis akan menjadi destinasi wisata unggulan yang menarik jutaan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, pada tahun ini. (red)

harianmerahputih.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top