Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Kawasan Eks THR dan TRS

MERAHPUTIH I SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya resmi membuka Sayembara Desain Kawasan Eks Taman Hiburan Rakyat (THR) dan Taman Remaja Surabaya (TRS) mulai hari ini. Pendaftaran sayembara yang berskala nasional dan terbuka untuk peserta internasional ini dibuka hingga 8 Agustus 2024. Sebelumnya, para peserta akan mengikuti technical meeting, webinar, dan survei bersama.

Sayembara ini terbuka bagi arsitek profesional, arsitek lanskap, perorangan, serta mahasiswa. Hadiah yang ditawarkan sangat menarik, dengan Juara I mendapatkan Rp50.000.000, Juara II Rp15.000.000, Juara III Rp10.000.000, dan Juara Favorite sebesar Rp5.000.000.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menginstruksikan percepatan revitalisasi kawasan eks THR-TRS dan berharap sayembara ini dapat melibatkan peran pemuda Surabaya. “Saya ingin anak muda Surabaya mengonsep, mengonsep ini mau seperti apa. Hasil dari sayembara itu akan langsung kita kerjakan, dengan harapan pemuda Surabaya betul-betul nyata berkontribusi untuk pembangunan Surabaya,” ujar Eri.

Eri juga menekankan pentingnya sayembara ini untuk mengetahui keinginan anak muda Surabaya yang kemudian dituangkan dalam desain. Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya, Lilik Arijanto, menyatakan komitmen Pemkot dalam menyediakan ruang bagi pelaku kesenian di Surabaya, termasuk melalui revitalisasi eks THR-TRS.

“Sayembara ini bertujuan menjaring gagasan ide masterplan yang inovatif untuk pengembangan kawasan baru,” kata Lilik. Menurutnya, desain terbaik diharapkan dapat menghubungkan kawasan sekitar, mendukung perkembangan kreativitas komunitas, dan menjadi tempat wisata baru yang nyaman bagi warga dan wisatawan.

Lilik menambahkan, desain kawasan ini diharapkan mampu menciptakan kawasan wisata edukasi dan taman bermain yang memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, kawasan ini juga diharapkan menjadi tempat penyelenggaraan event kreatif dan kebudayaan yang berkelas dunia.

Sayembara ini juga mencakup administrasi peserta yang harus mengisi formulir pendaftaran melalui tautan https://linktr.ee/krearture2024 tanpa biaya pendaftaran. Peserta wajib mengunduh dokumen sayembara dan repost poster sayembara di Instagram selama periode pendaftaran. Peserta dapat mengikuti sayembara ini baik secara perorangan maupun tim, dengan maksimal tiga anggota per tim.

Dengan adanya sayembara ini, Pemkot Surabaya berharap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan mewujudkan fasilitas pendukung pariwisata yang handal, serta meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat sekitar. (red)

harianmerahputih.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top