Pelatihan Kreator Muda di Surabaya Tingkatkan Potensi UMKM

MERAHPUTIH I SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama ShopTokopedia dan Surabaya Next Leader (SNL) menggelar pelatihan untuk kreator muda Kota Surabaya di Jalan Cimanuk No.27, Selasa (9/7/2024). Pelatihan bertajuk ‘Creator Lab’ ini bertujuan untuk mengembangkan skil kreator muda Surabaya dalam memasarkan produk UMKM.

Pelatihan kreator muda ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Ikhsan. Dalam kesempatan ini, Ikhsan menyatakan bahwa pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini tidak hanya dihadiri oleh kreator muda, tetapi juga diikuti oleh pelaku UMKM binaan Pemkot Surabaya.

“Nantinya mereka bisa menjadi affiliator dan memasarkan produk-produk UMKM Surabaya. Selain dilatih menjadi kreator handal, kami juga meminta agar mereka menyampaikan informasi produk dengan tepat,” ujar Ikhsan.

Untuk memastikan penyampaian produk UMKM yang sesuai, Pemkot Surabaya melalui Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kota Surabaya juga melakukan pendampingan terhadap kreator-kreator muda tersebut.

“Kita siapkan dahulu produk UMKM-nya, packaging-nya, dan segala macamnya. Setelah itu, teman-teman yang dilatih hari ini akan membantu memasarkan produk-produk tersebut,” tambah Ikhsan.

Pelatihan ini diikuti oleh 80 orang peserta. Setelah pelatihan, pemkot akan melakukan evaluasi untuk pengembangan lebih lanjut. Ikhsan berharap, para pelaku UMKM Surabaya dapat mempromosikan produk mereka secara luas melalui media sosial atau platform jual beli lainnya. Selain itu, ia juga berharap para kreator muda yang dilatih dapat meningkatkan industri kreatif di Kota Surabaya.

“Dengan banyaknya penjualan, mereka juga akan mendapatkan penghasilan dari komisi dan menjadi pengusaha baru yang mandiri,” harapnya. Pelatihan ini diharapkan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Surabaya.

Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Tokopedia dan ShopTokopedia, Hilmi Adrianto mengatakan, ‘Creator Lab’ ini diluncurkan di Surabaya untuk melatih komunitas anak muda menjadi affiliator ulung dan konten kreator handal. Melalui skil tersebut, konten kreator dapat membantu UMKM sekaligus ekspansi pasar UMKM di Surabaya.

“Dengan begitu, UMKM di Kota Surabaya akan semakin dikenal,” kata Hilmi. Dalam pelatihan ‘Creator Lab’, peserta akan diajarkan kiat-kiat mendasar yang sesuai dengan kreativitas masing-masing. Tokopedia dan TokopediaShop juga melakukan simulasi menjadi affiliator dan konten kreator yang baik.

“Pada kesempatan ini, kami mengajarkan dasar-dasarnya. Mereka akan diajarkan cara afiliasi, personal branding, membuat skrip yang benar, hingga evaluasi konten,” jelas Hilmi. Pemkot Surabaya bersama SNL dan Tokopedia membuka pelatihan ini secara umum selama dua hari ke depan. “Kami mengundang siapa saja yang ingin menjadi affiliator dan konten kreator untuk difasilitasi melalui Pemkot Surabaya dan SNL,” pungkasnya. (red)

 

harianmerahputih.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top