Traktor Unik Tanpa Awak Pukau Pengunjung di Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah 2024

MERAHPUTIH I CILACAP - Traktor unik yang dapat beroperasi tanpa awak menarik perhatian pengunjung dalam acara pembukaan Pameran Produk Inovasi (PPI) Provinsi Jawa Tengah 2024 di Alun-alun Kabupaten Cilacap. Traktor ini, yang bisa dikendalikan dengan remote control, adalah karya Wahid Hasyim, petani asal RT 02/RW 02, Dukuh Kaum, Desa Tepakyang, Kecamatan Adimulyo, Kebumen. Karya inovatif ini diberi nama Traktor Siluman.

Wahid Hasyim menciptakan Traktor Siluman dengan tujuan membuat petani lebih melek teknologi. Dia terinspirasi saat merasa resah melihat banyak petani yang enggan menggunakan traktor bantuan pemerintah. "Saya hobi main pesawat remote. Waktu itu tahun 2019 kita dapat bantuan traktor dari pemerintah, tapi petani tidak ada yang mau pakai. Akhirnya saya punya ide bikin traktor siluman ini,” ungkap Wahid.

Traktor Siluman ini selain dapat dioperasikan dari jarak jauh, juga meningkatkan keselamatan petani. Wahid sendiri pernah mengalami luka serius akibat terkena keong sawah. “Sekarang petani hanya cukup tekan tombol remote untuk menjalankan traktor. Selain aman, juga mengurangi rasa capek,” paparnya.

Pria kelahiran 2 Agustus 1984 ini mengembangkan ide tersebut selama sekitar setengah tahun, menghasilkan Traktor Siluman pertama yang terus dikembangkan hingga seri 5.0 saat ini. Ratusan traktor telah diproduksi untuk petani di seluruh Indonesia, dengan pesanan terbanyak datang dari Sulawesi. Harga alat ini sekitar Rp6 juta, ditambah harga traktornya.

Pengembangan inovasi Wahid mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. "Pemprov sangat mendukung. Dari Dinas Pertanian mendukung, Bappeda juga mendukung. Ini saya dibantu untuk hak ciptanya juga,” tandasnya.

Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah 2024 ini menjadi ajang bagi berbagai inovasi teknologi pertanian lainnya, namun Traktor Siluman Wahid Hasyim menjadi salah satu yang paling menarik perhatian pengunjung. (red)

harianmerahputih.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top