Osas Saha : Pray for Nigeria

MERAHPUTIH| JAKARTA- Meninggalnya demonstran diduga mencapai puluhan di Nigeria yang ditembak mati oleh polisi setempat membuat prihatin Osas Saha. Pemain bernama lengkap Ikpefua Osas Marvelus ini menyempatkan logo bendera Nigeria dan lilin sebagai tanda prihatin di Instagram pribadinya @osasmarvellous. Dia juga menyematkan emoticon menangis.

Eks penyerang Persija Jakarta ini memang lahir di Nigeria. Sebelumnya, ia tercatat sebagai pemain asing di Indonesia sebelum mendapatkan status naturalisasi. Di story WhatApss, Osas juga menuliskan kalimat "What doesn't killu makes u stronger, God involved".

Apa yang terjadi di Nigeria memang cukup memprihatinkan. Protes dimulai dua minggu lalu setelah beredar video yang menunjukkan seorang pria dipukuli, tampaknya oleh petugas polisi dari Pasukan Khusus Anti-Perampokan, yang dikenal sebagai SARS.

Pengunjuk rasa muda berbaris di kota-kota di seluruh Nigeria, di bawah spanduk #EndSARS. Sebagai tanggapan, pemerintah mengumumkan akan melarang pasukan anti-perampokan, yang selama beberapa tahun disalahkan oleh kelompok hak asasi manusia atas pelanggaran yang meluas, termasuk penyiksaan dan pembunuhan.

Para pengunjuk rasa belum puas dengan pembubaran unit SARS dan menuntut diakhirinya pelanggaran dan penghormatan terhadap hak asasi manusia di seluruh bagian kepolisian. Protes telah menghentikan lalu lintas di Lagos, ibu kota Abuja dan banyak kota besar lainnya di Nigeria, negara berpenduduk 196 juta orang.

Protes berlanjut Selasa di banyak kota termasuk ibu kota Abuja, tempat pasukan telah dikerahkan.(red)

harianmerahputih.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top