PT Kereta Api Indonesia Operasikan Kereta Ekonomi New Generation Versi Modifikasi

MERAHPUTIH I JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan pengoperasian kereta ekonomi new generation versi modifikasi pada beberapa layanan kereta api mulai Juni 2024. Inisiatif ini mencakup KA (185A) Blambangan Ekspres relasi Ketapang – Semarang Tawang Bank Jateng yang mulai beroperasi pada 18 Juni 2024, serta KA (186A) Blambangan Ekspres relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Ketapang yang mulai beroperasi pada 19 Juni 2024. Selain itu, KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan pp juga akan memulai perjalanan pada 19 Juni 2024.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menjelaskan bahwa peningkatan kereta kelas ekonomi ini menggantikan kursi tegak berhadapan dengan 80 tempat duduk menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi dengan 72 tempat duduk. "Dengan demikian, leg room menjadi lebih luas dan penumpang akan lebih nyaman," ujar Joni.

Kereta baru ini dilengkapi dengan kursi tipe captain seat yang dapat direbahkan (reclining) dan diatur searah laju kereta atau berhadapan (revolving). Hal ini diharapkan meningkatkan kenyamanan pelanggan selama perjalanan.

Selain layanan ekonomi, KA Blambangan Ekspres dan KA Banyubiru juga menyediakan layanan kelas eksekutif. Konfigurasi rangkaian kereta mencakup 4 kereta eksekutif, 3 kereta ekonomi new generation versi modifikasi, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit.

"Peningkatan pelayanan pada kereta kelas ekonomi ini merupakan komitmen KAI untuk terus mendengarkan kebutuhan dan masukan dari pelanggan, demi meningkatkan pelayanan dan pengalaman pelanggan," tambah Joni.

Tidak hanya pada kursi, modifikasi juga mencakup interior kereta dengan penambahan Public Information Display System (PIDS) yang menampilkan jam dan suhu, serta desain interior yang mirip dengan kereta eksekutif. Bagasi dan nuansa interior dibuat lebih cerah, dan toilet kini lebih mewah dengan toilet duduk. Fasilitas tempat ibadah juga tersedia di kereta restorasi.

Kereta ekonomi new generation versi modifikasi ini merupakan hasil peningkatan sarana di Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan. Sebelumnya, KAI telah meluncurkan kereta ini pada KA Jayabaya relasi Pasarsenen – Malang pp dan KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasarsenen – Surabaya Gubeng pp.

KAI menargetkan untuk memodifikasi 60 kereta ekonomi dengan kursi tegak berhadapan menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi pada tahun 2024. Hingga Mei 2024, sudah ada 16 kereta yang telah dimodifikasi, dengan 52 kereta lainnya dijadwalkan untuk modifikasi pada tahun 2025.

"KAI akan terus meningkatkan kenyamanan kereta api. Kami berharap masyarakat semakin tertarik menggunakan transportasi massal yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu," tutup Joni. (red)

harianmerahputih.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top