Maverick Vinales Menjadi yang Tercepat di FP Perdana GP Aragon

MERAHPUTIH| SPANYOL-Tidak ada Valentino Rossi di sesi latihan bebas (Free Practice) Grand Prix (GP) Aragon, Jumat. Rossi sudah terbang ke Italia untuk melakukan isolasi mandiri karena positif Covid-19. Mengawali FP, pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales menjadi yang tercepat.


Vinales mencetak waktu satu menit 49,866 detik di sesi latihan pagi yang sempat tertunda 30 menit karena kondisi trek yang dingin, demikian laman resmi MotoGP. Ia mengungguli duet tim pebalap tim satelit Petronas Yamaha Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo.

Sementara Alex Marquez, setelah meraih podium MotoGP perdananya di Le Mans, meneruskan penampilan apiknya bersama Honda dan finis P4, hasil terbaik sang rookie di sesi latihan bebas musim ini.

Takaaki Nakagami menjadi pebalap Honda kedua tercepat hari itu dan finis P5, mengungguli runner-up klasemen Joan Mir dari tim Suzuki.

Suhu Aragon yang dingin cukup menyulitkan pebalap untuk mendapatkan daya cengkeram optimal ban motor mereka.

Segera setelah FP1 dimulai, pebalap tim Esponsorama Racing Johann Zarco pun terjatuh, sementara Vinales menghindarkan dirinya dari kecelakaan di Tikungan 14 sebelum Marquez terjatuh di Tikungan 2.

Quartararo, pemuncak klasemen, sempat terjatuh juga ketika mengerem menuju Tikungan 8, pada akhir sesi. Pebalap Prancis itu mampu berdiri dengan sedikit terpincang-pincang.

Morbidelli juga terjatuh hari itu di 10 menit terakhir.

Ducati bermain aman pagi itu setelah kesulitan membuat ban mereka panas dan pada akhirnya tidak ada pebalap mereka yang finis sepuluh besar.

Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi terpaksa melewatkan Grand Prix Aragon pekan ini setelah hasil tes pada Kamis menunjukkan dirinya terinfeksi COVID-19. Pebalap Italia itu juga kemungkinan absen di balapan kedua di Aragon pekan depan.

Test rider Honda Stefan Bradl masih dimandati Honda untuk menggantikan Marc Marquez yang cedera. (red)


Sepuluh besar catatan waktu di FP1
1. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 1:49,866
2. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,085
3. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 0,276
4. Alex Marquez (Repsol Honda Team) + 0,310
5. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 0,554
6. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,559
7. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,598
8. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 0,732
9. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,855
10. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 0,935

 

harianmerahputih.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top